Categories : Tips CPNS

 

Tips Mudah Lulus Seleksi CPNS 2016

Menurut kabar yang tengah beredar, seleksi nasional Calon Pegawai Negeri Sipil akan segera dilaksanakan antara bulan Maret – April tahun 2016 ini. Pelaksaan tes CPNS 2016 sengaja dipercepat dari biasanya untuk mencari pegawai negeri baru yang dibutuhkan di beberapa bidang. Meski pun kebijakan moratorium PNS telah diberlakukan, beberapa bidang seperti Pendidikan dan Kesehatan tetap membutuhkan pegawai baru. Kabarnya, tahun ini ada sebanyak 230 ribu lowongan Pegawai Negeri Sipil. Sebanyak 110 ribu diantaranya untuk mengisi posisi pegawai Honorer K2, dan 120 ribu sisanya akan mengisi posisi umum. Meskipun dalam bentuk angka lowongan yang dibutuhkan sangat banyak sekali, pada kenyataannya pelamar kerja selalu lebih banyak dari kuota yang disediakan. Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang agar seseorang dapat lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2016.

Bagi mereka yang sudah pernah gagal mengikuti tes CPNS, mereka pasti telah mengetahui seperti apa susahnya lulus ujian seleksi. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memiliki persiapan yang matang. Ada beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan supaya bisa lolos seleksi CPNS dengan mudah. Pertama, jangan lupa berdoa. Tidak ada satu pun rencana manusia yang dapat terlaksana tanpa kehendak Sang Maha Pencipta. Hal yang wajib bagi umat beragama adalah berusaha dan berdoa. Dua hal ini tidak bisa dipisahkan dalam keseharian umat beragama.

Kedua, persiapkan materi dan fisik. Persiapan materi bisa berupa berlatih latihan soal, latihan sistem CAT, dan lain sebagainya berkaitan dengan ujian tertulis tes CPNS. Dalam ujian tulis nanti, ada tiga kategori soal yang harus anda kerjakan, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelejensia Umum (TIU), dan Tes Kewarganegaraan. Ketiganya menuntut pengetahuan yang bisa dipelajari sebelumnya. Mempersiapkan materi dan fisik sebaik-baiknya adalah kunci sukses lolos tes ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2016.

Cara yang selanjutnya adalah persiapkan psikis dan mental. Optimisme dan kepercayaan diri yang tinggi harus ditanamkan sedini mungkin. Jika seseorang pesimis dalam mengerjakan tes tulis ujian CPNS, dampak besarnya akan sangat terasa. Seseorang tersebut tidak akan mampu menyelesaikan soal dengan baik. Percaya diri memang akan muncul dengan sendirinya jika sebelumnya kita telah berjuang dengan keras. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, bangun segi psikis dan mental kita dengan materi dan doa. Tingkatkan kepercayaan diri bahwa anda adalah salah satu orang yang mampu lulus ujian tulis.

Tips yang selanjutnya adalah belajar dengan tekun. Ujian tulis seleksi CPNS berbeda dengan ujian sekolah atau ujian semesteran. Sistem belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) tidak akan membuahkan hasil yang sempurna. Jika ingin lulus, kuncinya adalah harus belajar dengan tekun. Ada banyak latihan soal yang bisa Anda pelajari, mulai dari buku cetak maupun soal-soal secara online. Terbiasa mengerjakan soal akan membantu anda mengerti tipe-tipe soal yang biasanya diujikan dalam tes CPNS.

Cara terakhir adalah sempatkanlah diri anda untuk survey lokasi tes. Ada jutaan orang yang mengikuti tes ujian CPNS. Ini berarti di setiap daerah kemungkinan ada ratusan orang yang ikut ujian tulis. Nah, dengan menyurvey lokasi tes, setidaknya anda sudah tahu dimana tempat duduk anda sehingga pada saat ujian tidak lagi merasa kebingungan. Survey lokasi ini sebaiknya dilakukan sehari sebelum ujian yang mana tempat ujian sudah di fikasasi oleh panitia penyelenggara.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.