Categories : Tips CPNS

 

Sukses Lulus Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2016

Sebentar lagi akan dibuka seleksi Calon Pegawai Negeri SIpil 2015, yaitu pada bulan Maret 2016. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mulai mengerjakan soal-soal dalam seleksi CPNS 2016 ini. Beberapa hal ini sekaligus menjadi trik dan tips untuk lulus seleksi. Seperti yang kita ketahui bersama, ada jutaan pendaftar di seluruh Indonesia yang ingin menempati formasi yang dibuka pemerintah baik di daerah maupun di pusat. Seleksi pun menjadi lebih ketat karena banyaknya pendaftar sementara lowongan kerja yang dibutuhkan hanya sedikit. Mengapa semua orang sepertinya ingin menjadi PNS? Tentu saja karena keamanan kerja lebih terjamin dengan dibuktikan SK Menteri, Gubernur, Walikota, atau Bupati.

Selain keamanan jaminan kerja, gaji PNS juga pastilah tinggi. Ada gaji pokok yang sesuai UMR dan juga tunjangan-tunjangan yang lainnya. Resiko PHK sangat kecil kecuali jika Anda melakukan pelanggaran berat. Pernah dengar kasus PNS di-PHK, tentu sangat jarang terjadi. Keuntungan menjadi CPNS adalah punya jenjang karier yang jelas yang diikuti dengan kenaikan gaji, berpeluang mendapatkan promosi jabatan, kuliah dan training gratis dari Pemerintah, masa tua terjamin, serta masih banyakyang lainnya. Hal-hal semacam inilah yang membuat banyak orang tergiur untuk menjadi PNS. Tetapi, sebelum itu anda tentu harus mengikuti proses seleksi nasional terlebih dahulu.

Setelah menjadi PNS, semua hal mungkin bisa dianggap mudah, tetapi untuk menjadi Pegawai Negeri SIpil tidaklah mudah. Persaingan yang akan anda tempuh sangat ketat. Perlu tips-tips tertentu agar dapat lolos seleksi nasional. Rumus lulus seleksi CPNS adalah usaha + strategi + Peluang. Yang pertama adalah Usaha. Pepatah mengatakan bahwa hasil tidak pernah menghianati proses. Jika usaha anda untuk menjadi PNS sungguh-sungguh dan telaten, Tuhan pun pasti akan mengabulkannya. Memang benar ada jutaan pelamar dalam seleksi CPNS, namun hanya sedikit yang memiliki persiapan matang. Buatlah diri anda memiliki persiapan yang matang dengan rajin memperbarui informasi, ikut latihan dan simulasi ujian baik online maupun offline, dan berbagilah informasi. Ingat! Sebagian dari informasi yang kita dapatkan harus kita bagikan lagi. Percayalah, kebaikan kecil semacam ini akan kembali ke diri kita sendiri.

Lalu, cara yang kedua adalah strategi. Kesalahan banyak orang yang mendaftar CPNS adalah mereka asal mengikuti ujian. Padahal, ujian ini dilakukan dengan tiga kategori soal yang berbeda, yaitu Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelejensia Umum, dan Tes Kewarganegaraan. Ketiganya pun memiliki nilai yang berbeda. Lebih dari itu, sistem ujian menggunakan sistem online atau yang disebut sistem CAT, jika strategi kita tidak benar, maka kesempatan lulus ujian pun semakin sedikit. Oleh karena itu, perbanyaklah informasi mengenai tipe soal dan strategi menjawab.

Strategi yang terakhir adalah peluang. Penghitungan peluang ini tergantung berapa jumlah kuota formasi dan kuota pendaftar. Dalam hal ini, pilihlah formasi yang berada di pusat saja karena orang-orang cenderung berpikir bahwa pusat pasti susah masuknya. Dengan pola berpikir terbalik, anda akan lebih memiliki peluang daripada berpikir mainstream. Namun, tetap, usaha keras adalah modal utama untuk bisa lulus seleksi CPNS. Mulai sekarang, silahkan maksimlakan waktu anda untuk mencari informasi berkaitan dengan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil. Jika waktu luang anda cukup banyak, sempatkan diri untuk mulai mengikuti latihan simulasi CAT secara online yang difasilitasi oleh pemerintah. Latihan ini sangat penting agar kita terbiasa berhadapan dengan soal, layar, dan keyboard laptop.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.