Categories : Berita dan Info CPNS Terbaru

 

Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2016

Kabar bahwa pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2016 akan dilakukan bulan Maret memang sudah lama didengar. Namun, pada kenyataannya, hingga Januari 2016, belum ada pengumuman resmi dari pemerintah kapan pelaksanaan seleksi CPNS 2016 yang sebenarnya. Dalam hal ini, masyarakat sangat terombang-ambing atas ketidakjelasan informasi. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa penundaan ini disebabkan karena kebijakan moratorium sehingga instansi kesulitas menentukan formasi. Kabar lainnya menyebutkan bahwa penundaan dikarenakan kondisi keuangan negara yang sedang tidak stabil. Apa pun penyebabnya, masyarakat saat ini tengah resah menunggu kabar pasti kapan akan dilaksanakan tes Calon Pegawai Negeri Sipil 2016.

Sembari menunggu keputusan resmi dari pemerintah berkaitan dengan kapan jadwal pelaksanaan tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, sebaiknya kita sama-sama mempersiapkan diri menghadapi tes yang akan dilaksanakan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tes Calon Pegawai Negeri Sipil akan dilaksanakan secara online dengan sistem CAT. Nah, agar anda terbiasa mengerjakan menggunakan sistem CAT ini, anda tentu perlu latihan. Di internet, banyak pihak yang menawarkan diri melakukan simulasi, jadi Anda tinggal mengikuti saja. Sebelum tes online, anda harus melakukan registrasi online dan offline untuk mendapatkan kartu tes CPNS. Pendaftaran Online dapat dilakukan dengan mudah, yaitu ketika jadwal pendaftaran telah tiba, anda kunjungi situs web resmi dari pemerintah. Isi formulir seperti yang telah diperintahkan.

Dalam hal pengisian formulir online, berkas yang perlu anda persiapkan adalah KTP karena NIK-nya nanti akan anda gunakan sebagai username anda. Siapkan juga ijazah Anda yang nantinya akan anda input-kan nomor ijazah dan IPK-nya. Ikuti alur pendaftaran sampai mendapatkan print out bukti telah mendapaftar online. Print out ini nantinya akan dikirim bersama surat lamaran kerja yang ditulis tangan, fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir, surat keterangan sehat, SKCK, dan persyaratan khusus lainnya yang telah disebutkan oleh instansi. Satukan berkas dalam amplop dan segera kirim ke alamat yang telah ditentukan. Setelah itu, anda tinggal menunggu jawaban. Jika anda diterima, maka balasan surat yang datang adalah kartu tes, tetapi jika ditolak maka berkas anda akan dikembalikan.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.