Categories : Berita dan Info CPNS Terbaru

 

Kebijakan Moratorium Tetap Diberlakukan pada CPNS 2016

Kabar terbaru mengenai pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2016 adalah pemerintah tetap akan melaksanakan kebijakan moratorium. Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi, menegaskan bahwa kebijakan moratorium ini akan tetap diberlakukan di tahun ini. Pemerintah memang belum memiliki rencana untuk pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN), baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan sistem perjanjian kerja (P3K). hal tersebut dikemukakan secara lugas oleh menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi, saat menjalani rapat kerja bersama  Komisi III DPR RI pada hari Rabu, 20 Januari 2016 di Jakarta.

Meskipun demkian, menteri PAN-RB ini juga menuturkan bahwa moratorium ini memiliki sifat terbatas. Pemerintah masih membuka formasi di bidang pendidikan, penegak hukum, tenaga kesehatan, serta sekolah kedinasan. Pelamar di bidang-bidang tersebut masih bisa bernafas lega karena tidak terpengaruh kebijakan moratorium. Yuddy juga menjelaskan bahwa kebijakan ini sengaja dibuat karena tuntutan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara yamg didalamnya mengharuskan adanya penataan sumber daya manusia supaya lebih berkualitas dan juga professional tentunya. Di sisi lainnya, anggaran pemerintah saat ini sedang lesu sehingga harus rehat dulu dalam hal penerimaan anggota sipil baru. Hal yang juga harus ditelaah kembali menurut Yuddy, perbandingan antara jumlah pegawai dan juga kebutuhan pelayanan masyarakat. Apakah sudah cukup memadai atau belum? Pelaksanaan kebijakan moratorium ini sekaligus menjadi solusi terbaik untuk masalah sumber daya manusia yang berlebih di Aparatur Sipil Negara.

Sebelumnya, kebijakan moratorium ini mulai diberlakukan pada tahu 2015 lalu. Proses pengesahaannya pun mendapatkan reaksi pro dan kontra dari masyarakat. Namun, pada kenyataannya, kebijakan ini sampai sekarang telah sedikit membantu proses penetapan formasi di setiap daerah. Sementara ini yang juga menjadi perhatian pemerintah adalah penanganan terhadap eks tenaga honorer dengan kategori II. Pemberlakukan kebijakan ini sedikit banyak memberikan pengaruh bagi tenaga honorer kategori II berkaitan dengan jenjang karier dan juga hal lainnya. Fokusan CPNS tahun ini juga membahas jenjang karier tenaga honorer kategori II.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.