Categories : Tips CPNS

 

Cara Mudah Lulus Seleksi Tulis Calon Pegawai Negeri 2016 Tanpa Sogokan

Sejak tahun 2014 lalu, sistem ujian tulis untuk Calon Pegawai Negeri Sipil sudah menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Sejak diberlakukannya sistem ini, kondisi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil berubah drastis karena tidak ada oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan tes CPNS setiap tahunnya. Dengan menggunakan sistem CAT ini, data tidak akan mudah dimanipulasi, dan orang-orang yang ingin menyogok untuk bisa menjadi pegawai negeri sipil pun sudah tidak memiliki kesempatan lagi. Bagaimana bisa memanipulasi data? Nilai yang didapatkan peserta saja langsung bisa dilihat beberapa detik setelah mereka selesai mengerjakan tes. Lalu, sudah ada passing grade yang menentukan apakah seseorang lulus seleksi atau tidak. Nilai ujian adalah satu-satunya cara yang bisa membawa seseorang untuk lolos menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Nah, agar nilai anda mencukupi untuk lolos, berikut ini ada cara mudah lulus seleksi tulis CPNS 2016.

Pertama-tama, untuk bisa mengikuti tes tulis, pastikan anda sudah mendaftar di situs panitia pelaksana CPNS 2016. Proses pendaftaran inilah yang nantinya menentukan apakah anda bisa ikut ujian atau tidak. Jika semua berkas sudah dilengkapi, kemungkinan besar anda akan mudah mendapatkan kartu ujian CPNS. Namun, jika data yang diinputkan salah dan lampiran data yang dikirim via pos pun tidak lengkap, anda pasti tidak akan mendapatkan kartu ujian. Dalam hal ini, anda perlu memperbanyak informasi mengenai persyaratan apa saja yang diperlukan untuk mendaftar, bagaimana tips mendaftar CPNS Online, dan lain sebagainya.

Jika sarat pertama sudah terpenuhi, selanjutnya adalah persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tes. Ingat, ujian ini tidak mudah. Persiapannya tidak bisa menggunakan sistem kebut semalam (SKS). Perlu persiapan yang matang agar dapat lulus ujian. Mereka yang pernah mengikuti ujian pasti tahu betapa sulitnya soal-soal tes CPNS. Materi yang diujikan setiap tahunnya memang memiliki tingkat kesulitan yang sama. Oleh karena itu, kunci sukses adalah dengan terbiasa mengerjakan soal-soal yang serupa. Bekali diri dengan sering mengerjakan latihan soal, dan juga biasakan latihan sistem CAT. Latihan ini penting supaya nanti pada saat ujian anda tidak lagi merasa kebingungan.

Selanjutnya adalah survey lokasi test. Ada ratusan orang di setiap daerah yang mengikuti ujian tulis Calon Pegawai Negeri Sipil. Survey ini berguna supaya Anda tahu dimana posisi duduk anda. Bukan untuk menyontek, melainkan agar di hari H anda tidak lagi kebingungan mencari tempat duduk. Pada saat-saat menjelang ujian, pikiran harus benar-benar fresh dan tidak terbebani masalah apa pun. Apabila anda sudah merasa was-was karena kebingungan mencari tempat duduk, ini tentu akan sangat mengganggu konsentrasi. Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan survey lokasi tes sehari sebelum ujian.

Pada hari H ujian tulis, usahakan datang tepat waktu. Dalam hal ini ungkapan pepatah “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali” benar-benar tidak berlaku. Apabila anda telat, otomatis konsentrasi anda akan terganggu. Belum lagi waktu yang terbuang sia-sia karena telat. Kesempatan untuk lulus ujian pun menjadi semakin kecil. Oleh karena itu, datanglah tepat waktu, atau sebaiknya 5 menit sebelum ujian dimulai.  Sebelum mengerjakan, rileks-kan diri anda agar semua soal dapat terjawab dengan baik. Nah, demikian ini adalah cara mudah untuk bisa lulus seleksi ujian tulis Calon Pegawai Negeri Sipil 2016. Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebagai upaya untuk mempersiapkan diri.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.